Tuesday, 20-08-2019

Tingkatkan Peran Penyuluh, UPTD Penyuluhan Pertanian Gelar Temu Kelembagaan Profesi Penyuluhan

Tingkatkan Peran Penyuluh, UPTD Penyuluhan Pertanian Gelar Temu Kelembagaan Profesi Penyuluhan Temu Kelembagaan Penyuluh

PANTAUJAMBI.COM, Kota Jambi- UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Menggelar Temu Kelembagaan Profesi Penyuluhan Pertanian Provinsi Jambi Tahun 2019. Temu Kelembagaan Profesi Penyuluh Ini diikuti oleh Penyuluh dari Sebelas Kabupaten-Kota.

Adapun Tujuan Dari Kegiatan Ini Yakni Untuk Meningkatkan Pengetahuan Penyuluh Karena Dalam Kegiatan Ini Juga dilakukan Seminar Bagi Penyuluh. Kasi Penyuluhan di UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Ika Kurniasih Mengatakan Temu Kelembagaan Ini Merupakan Langkah Dari UPTD Untuk Meningkatkan Peran Penyuluh dilapangan.

 

 

Pemerintah Menginginkan Penyuluh Tidak Hanya Menjalani Rutinitas Mendorong Petani Meningkatkan Produksi Namun mendorong Petani Melakukan Inovasi agar dapat Meningkatkan Kesejahteraan. Untuk Itu Seminar Yang Digelar Oleh UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Untuk Memberi Pengetahuan Kepada Penyuluh Agar Petani Terus Berinovasi.

UPTD Menghadirkan Nara sumber dari Pusat Penyuluhan BPSDM Kementrian Pertanian Dan dari Setjen Perhiptani pusat Jakarta.

 

 

Selain Temu Kelembagaan Juga Digelar Pengukuhan Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia Provinsi Jambi atau Perhiptani. Untuk Provinsi Jambi Dewan Pengurus Wilayah Perhiptani Provinsi Jambi Diketuai Oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Ahmad Maushul. Sementara Ketua Umum Perhiptani Pusat Yakni Isran Noor.

 

 

Diterbitkannya UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, menyebabkan Kelembagaan yang menangani Penyuluhan pada saat ini, ditingkat Provinsi dan Kabupaten, menjadi beranekaragam. Kondisi ini tidak sejalan dengan amanat UU No. 16 Tahun 2006 Tentang SP3K.Mengakomodasi kondisi diatas, eksistensi PERHIPTANI menjadi penting dan berperan untuk mempersatukan penyuluh yang berada di berbagai Lembaga. Hal ini merupakan salah satu Rumusan Seminar DPW PERHIPTANI Provinsi Jambi.Pada Acara Pengukuhan, Ketua Umum DPP PERHIPTANI dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Sekjen DPP PERHIPTANI, Ir. Lamhi Hutauruk, MS, menekankan pentingnya profesionalisme dalam melaksanakan tugas. Dikatakan, seorang Penyuluh Profesional, bilamana memiliki pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan yang terukur dalam pelaksanaan tugas, serta memiliki sikap mandiri dalam mengantisipasi masalah yang akan terjadi dimasa depan penyuluh.Ketua Umum menyampaikan, salah satu perkembangan Teknologi yang harus diantisipasi penyuluh adalah Revolusi Industri 4.0 yang sangat berpengaruh terhadap diri penyuluh dan dunia penyuluhan.

 

 

Ketua DPW PERHIPTANI Prov. Jambi, Ir. Akhmad Maushul, dalam Sambutannya mengharapkan, agar pengurus yang dilantik melaksanakan tugas Rencana Kerja PERHIPTANI Prov. Jambi Periode 2018 – 2023 dan AD/RT PERHIPTANI sehingga Penyuluh dapat merasakan manfaat organisasi PERHIPTANI.Acara Pengukuhan dan Seminar DPW PERHIPTANI Provinsi Jambi diselenggarakan pada Tanggal 15 Maret 2019 bertempat di UPTD Pelatihan dan Penyuluhan Dinas TPHP Prov. Jambi. Tema Seminar adalah “Aktualisasi PERHIPTANI dalam Mensukseskan Pembangunan Pertanian di Prov. Jambi”.Pengurus yang dikukuhkan adalah Ketua, Ir. Akhmad Maushul, Sekretaris, Ir. Masniari Saragih, Bendahara, Ir. Ernofia, dan dibantu dengan Bidang – Bidang. (FH)