Wednesday, 08-04-2020

Tim Keluarga FU Sambut Militan Garda Fachrori

Tim Keluarga FU Sambut Militan Garda Fachrori

PANTAUJAMBI.COM,Kota Jambi- Militan Garda Fachrori itu bersiap menyokong sang petahana melanjutkan kepemimpinan Gubernur Jambi. Diinisiasi 43 aktivis pemuda.

Bertemu Miftahul Ikhlas–Ketua Tim Keluarga Fachrori Umar– di B and B Lounge Swiss-Belhotel Jambi, Rabu malam 5 Februari 2020, Rio Dezaneru memboyong sederet koleganya. Rerata, anak-anak muda itu aktivis dan mantan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Jambi.

Sebagian sudah alumnus. Sebagian lain masih menyelesaikan skripsi. Persamuhan itu berlangsung tertutup hingga kamis dinihari. Menurut Rio–begitu ia akrab disapa–, ini pertemuan perdana Garda Fachrori Umar bersama tim keluarga. Malam itu, kata Rio, banyak hal yang dibahas. Utamanya ihwal pengukuhan Garda Fachrori.

“Alhamdulillah kami sudah bersilaturahmi dengan tim keluarga Fachrori. Dalam waktu dekat garda Fachrori akan di deklarasikan,”ujar Rio lugas.

Mendukung Fachrori, anak-anak muda itu kepincut sosok Gubernur yang tawadhu itu. Dialah pemimpin, yang menurut Rio, amat lembut hatinya. Peduli dengan kaum papa. “Melihat sosok dan kinerja ayahanda Fachrori, kami merasa beliau sangat pantas melanjutkan estafet kepemimpin nomor 1 di Jambi,”ujarnya.

Logo Garda Fachrori, sayap pemenangan Fachrori Umar menuju Gubernur Jambi Pentolan Garda Fachrori lainnya, Muhammad Irawan mengimbuhkan, Garda dibentuk oleh sekelompok sarjana-sarjana muda dari lintas kampus. Anggotanya, kata Ketua Ansor ranting Kumpeh itu, berasal dari Unja, Unbari, UIN STS Jambi dan beberapa kampus swasta lainnya. Sebagian pula adalah aktivis, baik dari alumnus BEM maupun organisasi ekstra kampus.

Menurut Irawan, Garda Fachrori diinisiasi oleh 43 pemuda dari lintas kabupaten. “Organ ini kami bentuk untuk membantu ayahanda Fachrori melanjutkan Gubernur di periode berikut,”katanya. Pengamat Kebijakan Publik Dr Dedek Kusnadi menilai, terbentuknya Garda Fachrori–yang merupakan inisiatif dari anak-anak muda–, menjadi bukti bahwa Fachrori masih dicintai rakyatnya. Menurutnya, langkah Fachrori menuju Jambi 1 kian kuat dengan bertambahnya gerbong milenial yang bergabung.

“Apalagi, Pilkada nanti, segmen milenial ini akan menjadi penentu. Jumlah mereka cukup besar,”kata Dedek. Tengok saja, dari data BPS, jumlah pemuda umur 17-35 tahun mencapai 1 juta orang dari total penduduk Jambi 3,5 Juta. Artinya, menurut Dosen Pasca Sarjana UIN STS Jambi itu, sebanyak 30% dari total penduduk Jambi adalah pemilih milenial. Nah, “Analisa saya, pemilih milenial ini akan sangat menentukan arah Pilgub kedepan.

Karena jumlah mereka yang sudah mencapai 1 juta orang,”ujar Dedek. Karena itu, ia berpendapat Garda Fachrori akan membantu sang petahana mempertahankan suaranya di kalangan milenial. “Apalagi, kalau orang-orannya mantan aktivis. Mereka sudah terbiasa bergerak dikampus,”ujarnya. Hanya saja, lanjut Dedek, tantangan Fachrori menuju Jambi 1 masih perlu kerja keras. Terlebih, sang petahana itu kain dihajar dari berbagai lini. “Saya kira, munculnya militan seperti Garda Fachrori akan memperkokoh posisinya sebagai kandidat petahana,”ujarnya.(*)

Tag: