Monday, 17-06-2019

Terbukti Korupsi, Kepsek SMK Luqman Al Kakim Divonis 2 Tahun Penjara

Terbukti Korupsi, Kepsek SMK Luqman Al Kakim Divonis 2 Tahun Penjara

PANTAUJAMBI.COM, Kota Jambi - Terdakwa kasus dugaan korupsi pembagunan unit sekolah baru, di SMK Lukman Al Hakim Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Sumono divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jambi. Terdakwa dinyatakan terbukti telah menyebabkan timbulnnya kerugian negara mencapai Rp 388 juta.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa selama 2 tahun, dan denda 50 juta rupiah, dengan ketentuan jika tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama 2 bulan," kata hakim yang dipimpin Dedi Mukhti Nugroho. Menurut hakim, Sumono melanggar pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 ayat 1 UU RI, nomor 31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat 1 KUHP. "Hal yang memberatkan terdakwa adalah tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi.

Hal yang meringankan terdakwa bersifat sopan dipersidangan," kata hakim. Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa. Dimana sebelumnya terdakwa dituntut selama 5 tahun penjara, dan denda Rp 200 juta. Ia juga dituntut membayar uang pengganti Rp 388 juta.(HN)

Tag: