Wednesday, 17-07-2019

Sampaikan Usulan Ranperda ke Dewan, Sekda Klaim Produksi Migas Menurun Setiap Tahun

Sampaikan Usulan Ranperda ke Dewan, Sekda Klaim Produksi Migas Menurun Setiap Tahun Sekda M Dianto

PANTAUJAMBI.COM, Kota Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto menyampaikan dua usulan Ranperda dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Selasa (25/6/2019). Selain menyampaikan dua ranperda mengenai energi daerah dan zonasi pulau-pulau kecil, rapat paripurna di gedung DPRD Provinsi Jambi juga membahas tentang penjelasan DPRD Provinsi Jambi terhadap 5 (lima) Ranperda lainnya.

Saat dikonfirmasi awak media, Sekda berharap agar usulan ranperda yang telah disampaikan dapat segera ditanggapi oleh anggota Dewan. "Khusus yang DPRD nanti kita bahas bersama tim dari Pemerintah Provinsi Jambi dan yang usulan kami mudah-mudahan juga akan ditanggapi oleh Dewan yang terhormat.

Kami mengusulkan adalah untuk energi daerah dan rancangan zonasi pulau-pulau kecil," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda juga menceritakan bahwa rancangan umum energi daerah harus disusun secara berencana. Karena berkaca dari sebelumnya, produksi migas mengalami penurunan disetiap tahunnya. "Rencana umum energi daerah itu harus kita susun secara berencana karena menurut yang kita alami saat ini hasil produksi migas itu setiap tahunnya terjadi penurunan.

Sementara kebutuhan kita terhadap migas setiap tahunnya terjadi peningkatan," katanya. Oleh karena itu, lanjutnya.

Upaya-upaya yang harus dilakukan didaerah itu bagaimana mencari solusi dan pemecahan dalam rangka kebutuhan masyarakat terhadap energi daerah. "Jadi hampir seluruh sektor kehidupan membutuhkan energi dan nantinya kita harus berfikir bagaimana energi yang selama ini dari produksi migas bisa dialihkan dengan sumber daya lain," jelasnya.

Sementara itu, dalam usulan ranperda tentang zonasi pesisir dan pulau-pulau kecil. Sekda mengatakan bahwa dua Kabupaten Pemprov Jambi ini mempunyai wilayah pesisir yang potensial. "Kalau ini kita buat perencanaan yang matang ini tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan dari suplai masyarakat tapi juga bisa dibuat semacam penahan. Penahan gelombang, penahan sunami dan juga bisa dibikin suatu objek wisata," ujarnya. "Oleh karena itulah kita mengupayakan nanti dengan pihak Dewan dapat mengkaji usulan kita ini," pungkasnya. Reporter : Mario Dwi Kurnia

Tag: