Wednesday, 17-07-2019

Puluhan Pulau Di Jambi Hilang Akibat Abrasi

Puluhan Pulau Di Jambi Hilang Akibat Abrasi

PANTAUJAMBI.COM, Jambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto menuturkan bahwa sebelumnya Provinsi Jambi memiliki sekitar 27 pulau-pulau kecil. Namun, akibat abrasi yang terus terjadi. Puluhan pulau-pulau kecil tersebut hilang dan kini hanya tersisa sekitar tujuh pulau. Berdasarkan informasi dari badan informasi geospasial, Sekda mengatakan puluhan pulau tersebut terdiri dari pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni.

"Kita punya 27 pulau, tapi akibat dari abrasi dan sebagainya, sekarang ini tinggal 7 pulau. Karena Pulau tidak berpenghuni jadi hanya beberapa pohon dan pulau-pulau kecil itu dihitung oleh data dari Badan Informasi Geospasial," ungkap Sekda Dianto pada Senin (8/7/2019).

Adapun 7 pulau yang masih tersisa di Provinsi Jambi yakni Pulau Watambi, Pulau Tengah, Pulau Putri, Pulau Pedado Anak, Pulau Pangkudo, Pulau Mudo dan Pulau Balai. Sementara itu, dari data badan informasi geosapasial.

Untuk wilayah Provinsi Jambi memiliki garis pantai sepanjang 268 Kilo Meter, 85 Persen berada di Kabupaten Tanjung Timur sementara 15 persen berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Reporter : Mario Dwi Kurnia

Tag: