Wednesday, 17-07-2019

Polda Jambi Rayakan HUT Bhayangkara Ke 73 Bersama Penghuni Rutan

Polda Jambi Rayakan HUT Bhayangkara Ke 73 Bersama Penghuni Rutan

PANTAUJAMBI.COM, Jambi - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi kembali menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan ulang tahun Bhayangkara ke - 73 tahun. Menariknya, dalam peringatan hari Bhayangkara ke - 73 ini. Polda Jambi menggelar syukuran bersama puluhan warga binaan penghuni Rumah Tahanan (Rutan) di Mapolda Jambi.

 

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Irjen Pol Muchlis AS menyebutkan bahwa warga binaan yang berada disini merupakan bagian dari Polri. "Karena setiap hari bersama polri, sebagai manusia biasa kita juga punya perasaan punya rasa empati.

 

Ini kita lakukan atas dasar empati karena beliau-beliau yang ada disini bukan karena kemauan polisi, tapi karena melanggar undang-undang dan polisi hanya menjalankan itu," ungkap Kapolda Jambi, Rabu (10/7/2019).

 

Untuk itu, Lanjut Kapolda, sebagai manusia biasa kita harus tetap memperlakukan mereka layaknya seorang manusia. "Jadi sebagai manusia, kami tetap memanusiakan mereka dan inilah yang kami lakukan. Tapi sebagai aparat penegak hukum kita melakukan penegakan hukum sesuai dengan undang-undang," tegasnya.

 

Selain itu, Kapolda juga berharap dengan adanya kejadian ini. Kedepan, para penghuni rutan dapat menjadikan ini sebagai pembelajaran bagi mereka. "Ini adalah bahan pembelajaran, introspeksi bagi mereka bahwa manusia yang baik itu bukanlah manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Tapi dengan kesalahan yang dilakukan ini mudah-mudahan kedepan dia akan menjadi orang yang baik," pungkasnya.

 

Untuk diketahui, saat ini Rutan Polda Jambi telah berisikan setidaknya 61 orang warga binaan.

 

Reporter : Mario Dwi Kurnia