Tuesday, 07-04-2020

Lakukan teleconference dengan Kepala BKP Pusat, Amir Hasbi : ketersediaan pangan pokok di Jambi aman

Lakukan teleconference dengan Kepala BKP Pusat, Amir Hasbi : ketersediaan pangan pokok di Jambi aman

PANTAUJAMBI.COM,Kota Jambi- Kepala Badan ketahanan pangan Pusat Kementerian Pertanian Republik Indonesia Agung hendriadi menggelar teleconference dengan kepala dinas ketahanan pangan di seluruh Indonesia. Teleconference ini dilakukan untuk melihat tentang kondisi atau kesediaan stok pangan di daerah-daerah.

Kepala Dinas ketahanan pangan Provinsi Jambi Amir Hasbi mengatakan saat teleconference dengan BKP Pusat dirinya memaparkan tentang kondisi dan ketersediaan atau stok pangan pokok dan strategis di provinsi Jambi. Dimana untuk saat ini stok pangan pokok atau strategis di Provinsi Jambi dalam kondisi aman cukup dan tersedia dan harga di tingkat konsumen masih terkendali stabil dan wajar.

" Alhamdulillah stok pangan di Jambi aman dan harga juga stabil dan terkendali" ungkap Amir Hasbi.

Amir mengatakan yang masih tinggi saat ini yakni harga komoditi gula pasir di mana hari ini harga gula pasir di kabupaten kota di provinsi Jambi antara 16 hingga 17.000 rupiah per kilogram. Harga ini jauh di atas het yakni 12.500 per kg.

Kenaikan ini disebabkan stok yang tidak tersedia dan permasalahan ini tidak hanya di Jambi namun hampir terjadi di seluruh Indonesia.

Amir mengatakan Dalam arahannya Kepala Badan ketahanan pangan Pusat menekankan kepada kepala dinas ketahanan pangan di daerah untuk mengantisipasi penyebaran Covid- 19 dan antisipasi menjelang Ramadan serta Idul Fitri 1441 Hijriyah yang harus dipantau dan diawasi oleh dinas ketahanan pangan di tingkat pelaku usaha distributor dan agen.

" kepala BKP juga minta kepada konsumen agar jangan panik dan cemas dalam menghadapi situasi ini berbelanja kebutuhan pangan dengan secukupnya dan yang secukupnya untuk kebutuhan keluarga dan jangan berlebihan" tambah Amir Hasbi.

Terakhir kata Amir kepala BPKP pusat Agung hendriadi juga mengingatkan tentang penyerapan anggaran APBN di setiap daerah provinsi di mana untuk Provinsi Jambi telah terserap atau transaksi dana bantuan pemerintah ke masyarakat sebesar 31,64% dan dirinya juga menjamin akhir Maret sebesar 42,65%.(FH)

Tag: