Monday, 17-06-2019

Bupati Muaro Jambi Ikuti Tradisi Ziarah Makam Bumi Asih ke- 61 Tahun

Bupati Muaro Jambi Ikuti Tradisi Ziarah Makam Bumi Asih ke- 61 Tahun

PANTAUJAMBI.COM, Muaro Jambi - Selasa (30/4/19) pagi suasana pemakaman Bumi Asih Kelurahan Sengeti ramai oleh warga sekitar. Bukan untuk melaksanakan pemakaman jenazah namun warga di sana secara berbondong-bondong ke lokasi pemakaman untuk melaksanakan tradisi yang selalu dilaksanakan jelang datangnya bulan suci Ramadan.

 

Tradisi tersebut ialah Tradisi Ziarah Makam yang pada tahun ini memasuki momentum ke 61 tahun yang artinya tradisi ini sudah ada sejak tahun 1958 lalu. Yang membuat kegiatan pagi itu menjadi tambah antusias karena Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busyro pun turut hadir.

 

Dengan dibalut baju muslimah bernuansa batik berwarna biru, orang nomor satu di Bumi Sailun Salimbai berbaur bersama masyarakat Kelurahan Sengeti dan sekitarnya untuk memperingati tradisi tahunan tersebut. Tak hanya berziarah dan berdo'a bersama, kegiatan tersebut juga diisi dengan makan bersama di lokasi pemakaman.

 

Menariknya, setiap warga yang berziarah membawa sendiri makanan dari rumah mereka menggunakan rantang untuk dinikmati bersama-sama peziarah lainnya. "Alhamdulillah tradisi seperti ini terus dilestarikan oleh warga Sengeti. Tentunya tradisi ini sangat berefek positif karena selain meningkatkan ketakwaan kepada sang khalik juga bisa menjalin tali silaturahmi sesam kita," sebut Bupati di sela-sela mengikuti tradisi Ziarah Makam.

 

Bupati berpesan dan mengimbau kepada seluruh warg khususnya di Kabupaten Muarojambi untuk terus melestarikan adat istiadat dan tradisi peninggalan nenek moyang terdahulu. "Karena para pendahulu kita membuat tradisi tersebut tentu terkandung nilai-nilai luhur di dalamnya yang apabila kita cermati banyak makna positif terkandung di sana," pungkas Bupati.(PJ/HMS)