Tuesday, 20-08-2019

Bupati Muaro Jambi Hadiri Gebyar Hari Anak Nasional di PAUD se-Kecamatan Bahar Utara.

Bupati Muaro Jambi Hadiri Gebyar Hari Anak Nasional di PAUD se-Kecamatan Bahar Utara.

PANTAUJAMBI.COM, Muaro Jambi - Bupati Muaro Jambi, Hj, Masnah Busro, hadiri kegiatan gebyar Hari Anak Nasional (HAN) 2019, yang diselenggarakan oleh PAUD Se-Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muaro Jambi, Senin, (1/4).

 

Kegiatan ini berisi beragam lomba, di antaranya lomba mewarna gambar, membaca hapalan teks Pancasila, paduan suara, senam ceria, membuat alat permainan edukatif (APE), bunda PAUD kecamatan, dan lomba karikatur.

 

Bupati Muarojambi, Hj Masnah Busro, mengatakan, anak-anak merupakan cikal bakal generasi penerus bangsa. Karenanya di tangan merekalah nantinya arah masa depan bangsa akan ditentukan. Untuk itu, ia menyarankan, sebagai orangtua hendaknya mempersiapkan dan memberikan pembekalan sejak dini kepada anak dengan berupaya mengoptimalkan potensi dan kemampuan dasar anak.

 

Bupati Masnah menerangkan, ada enam aspek potensi dasar anak-anak yang dapat dioptimalkan di antaranya moral dan nilai-nilai agama, bahasa, kognisi atau kecerdasan otak, sosial emosional, serta jasmani dan seni.

 

Upaya optimalisasi potensi anak tersebut, jelasnya dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode seperti bermain, mewarnai gambar, bercerita, gerak dan lagu, serta senam dan lain-lain yang dapat dikemas melalui kegiatan lomba.

 

Mengingat, lanjut dia, perlombaan sarana pembelajaran yang paling efektif untuk menarik minat dan merangsang anak dalam belajar sambil bermain. “Karenanya saya menyambut baik diselenggarakannya kegiatan lomba untuk anak-anak PAUD maupun para pendidik dan guru PAUD,” ungkapnya.(PJ/HMS)